Selasa, 16 Agustus 2016

Centaur

Dalam mitologi Yunani, Centaur (dari bahasa YunaniΚένταυρος, "Kéntauros") atau HippoCentaur adalah makhluk yang berwujud setengah manusia setengah kuda. Dalam lukisan vas Attika dan Boiotia awal, Centaur digambarkan berupa bagian belakang kuda yang menyatu dengan tubuh manusia yang utuh.
Sementara dalam perkembangan selanjutnya, penggambaran Centaur adalah bagian tubuh manusia (dari kepala sampai pinggang) yanng menyatu dengan gumba kuda.
Komposisi setengah-manusia dan setengah-hewan ini telah membuat banyak penulis menganggap Centaur sebagai makhluk liminal, berada di antara dua sifat, diceritakan dalam mitos yang berlawanan, baik sebagai perwujudan dari alam liar, seperti ketika para Centaur berperang dengan suku Lapith, atau sebaliknya sebagai guru, contohnya Kheiron.
Centaur biasanya disebut terlahir dari hubungan Iksion dan Nefele (dewi awan yang dibuat sesuai wujud Hera). Versi lainnya adalah bahwa ras Centaur merupakan keturunan Centauros, yang berhubungan seksual dengan kuda-kuda betina di Magnesia. Centauros sendiri kemungkinan adalah putra Iksion dan Nefele atau putra Apollo dan Stilbe, putri dewa sungai Peneus.
Dalam versi yang kedua, Centauros memiliki saudara bernama Lapithos, leluhur suku Lapith. Dengan demikian, ras Centaur dan suku Lapith, yang bermusuhan, masih merupakan saudara.
Centaur dikatakan menghuni daerah Magnesia dan Gunung Pelion di Thessaliahutan ek Foloi di Elis, dan semenanjung Maleia di Lakonia selatan.
Centaur muncul secara individual atau berkelompok dalam kisah-kisah Yunani kuno, seperti pada kisah penculikan Deianeira olehNessos dan kisah perkawinan Pirithous. Centaur individual yang terkenal adalah Nessos, KheironFolosEurition. Banyak Centaur yang muncul dalam kisah Herakles.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar